featuring the next step of my PhD journey : revision

Hari ini, akhirnya saya selesai merevisi satu chapter dari disertasi yang dikomen sepenuh hati oleh supervisor tercinta yang super sibuk.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merevisi satu chapter?
Lima minggu.

Saya tidak punya excuse untuk menjelaskan mengapa sebegitu lama. Itulah waktu yang saya butuhkan untuk bekerja setiap hari menulis ulang bab pertama dari disertasi saya itu. Setiap hari adalah peperangan yang sengit, antara duduk mengerjakan revisi, atau meninggalkan pekerjaan itu untuk dikerjakan kapan waktu.

Minggu pertama, kedua, dan ketiga saya harus balik lagi ke rutinitas PhD researcher yang sudah enam bulan saya tinggalkan : membaca dan mencari jawaban.
Minggu ke empat dan ke lima inilah, masa inkubasi telah selesai dan saya mulai menemukan kembali ritme menulis yang konstan.

Jadi, jangan tanya kapan saya selesai. Let it flows, saya akan menjalani ini dengan sabar dan mindfulness. Saya yakin perjalanan setiap PhD student berbeda dan inilah jalan yang terbentang dihadapan saya.

Just wish me luck for eight remaining chapters to revise and rewrite.

Popular posts from this blog

menulis serius

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011

Mimpi Masa Muda