Back to my normal life

Tidak terasa sudah seminggu saya kembali ke Bonn. Cuaca Bonn cukup bersahabat semingguan ini, hanya hari ini, pagi tadi hujan sedikit.

Butuh dua sampai tiga hari untuk membiasakan diri dengan kota ini. Beberapa hal, seperti soal naik bis dan tram, saya lupa. Dimana naik dimana turun, sehingga saya harus benar-benar memastikan saya tidak naik bis atau tram yang salah.

Butuh waktu agak lebih lama lagi untuk membujuk diri masuk kantor lagi. Akhirnya, setelah mengumpulkan semua semangat, saya berangkat juga. Hari pertama, saya tidak bisa masuk ke kantor. Kartu saya ternyata expired, sehingga harus masuk lewat pemeriksaan security dan bolak balik ngurus kartu yang expired.

Teman seruangan saya, menyambut dengan sukacita. Mereka tidak sadar, saya sudah lima bulan on fieldwork mission. Saya kembali ke meja saya dan komputer saya. Tidak ada yang berubah.

Saya juga sudah punya jadwal konsul dengan supervisor dan presentasi data yang saya kumpulkan kemarin. sungguh berlebihan sebenarnya, tapi saya harus on track. saya bahkan tidak percaya, saya sudah di bonn lagi dan mengikuti rapat section kami selama dua jam. Lalu makan siang dengan seluruh anggota section. Makan makanan cafetaria saya, yang rasanya, sudah saya lupakan.

Kemarin sore, saya diundang ke acara bbq teman saya. Sekali lagi merasa terasing di antara bahasa, makanan, dan pembicaraan yang sebagian besar tidak saya mengerti.

hidup pelan-pelan sudah kembali normal lagi. semua akan baik-baik saja, seperti kota Bonn yang semakin cantik karena cherry blossom mulai mekar.

Popular posts from this blog

menulis serius

Mimpi Masa Muda

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011