Wilkommen in Banda Aceh, mein Profesor..

Siang itu, saya sudah bolak-balik seperti setrikaan,

Ruangan saya-ruang printer-ruangan supervisor-ruangan saya-ruang printer-ruangan supervisor

Hari itu, hari terakhir saya di kantor, besok saya pulang ke Aceh buat fieldwork. Saya lagi menyiapkan surat keterangan penelitian saya yang harus ditandatangani supervisor saya.

Saya bolak balik karena, surat yang saya draft, ada beberapa kesalahan redaksi bahasanya. Setelah dibaca dan dikoreksi, akhirnya surat saya itu selesai dan sukses ditandatangani.

Pas saya pamit, supervisor saya berkata,

“Sari, don’t forget to send me monthly report and I will visit you in Banda Aceh..”

Saya bengong, saya tanya lagi,

“Apaaaaa, kamu serius mau mengunjungi saya di Banda Aceh ?”

Lalu supervisor saya yang ganteng dan cool itu mengangguk dan tersenyum manis sekali. Ya ampun, saya pikir saya salah dengar. Bagaimana mungkin dia mau datang, melintasi benua, terbang belasan jam demi mengunjungi phd studentnya yang dodol ini.

Mungkin beliau pengen ngeliat field saya, biar nanti gak bisa saya dodol-dodolin dengan hasil research saya hahaha..  Pastinya kalau beliau sudah pernah ke Aceh, akan bisa memberikan lebih banyak masukan dan saran untuk pekerjaan saya karena sudah pernah melihat langsung dan bertemu dengan narasumber-narasumber saya.

Berbulan-bulan saya di Banda Aceh, tidak ada kabar berita. Saya pikir dia sudah lupa pada janjinya. Padahal saya udah dengan hebohnya berkoar-koar, supervisor saya bakal datang ngeliat saya.

Sampai akhirnya awal januari, saya menerima email dari asisten profesor saya tentang rencana kedatangan beliau bulan depan.

Saya sudah mulai meng-arrange jadwal sehari setengahnya di Banda Aceh. Ada beberapa meeting yang saya jadwalkan dengan pihak pemerintah, organisasi non pemerintah, universitas dan masyarakat.

Semoga semua berjalan lancar dan supervisor saya senang selama berada di Banda Aceh. Ya, meski saya harus me-re-schedule tiket kepulangan saya ke Bonn, untuk yang kedua kali, demi menyambutnya yang datang di akhir bulan.. hahaha..






Popular posts from this blog

menulis serius

Mimpi Masa Muda

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011