Ramadhan kali ini

Ramadhan kali ini, untuk pertama kalinya saya memulainya di Jerman. Tahun lalu, sepuluh hari pertama saya masih di Aceh dan dua puluh hari seterusnya di Dortmund. Puasa di Dortmund, saya masih bersama teman-teman satu batch, masih berdelapan, dan suasana masak bersama, sahur bersama, dan puasa bersama masih terasakan dengan baik.

Hari pertama puasa, saya ikut training di kampus hingga jam 18:30, balik langsung ke rumah mira untuk buka bareng. Undangan buka bersama, puasa pertama ini sungguh membuat saya bahagia. Setidaknya saya bisa berbuka bersama teman-teman dan tidak sendirian mengawali buka puasa ramadhan ini.

Menu buka kemarin, sungguh menu rumahan yang saya rindukan. Soto, telur rebus, dan bakwan jagung ala chef Mira dan pepes udang spesial buatan chef Sayed. Saya menyusupkan juice semangka, penawar dahaga yang hampir selalu ada di rumah jika berbuka. Tak lupa ada kurma, buah yang selalu muncul ketika ramadhan.

Sahur di Bonn pukul 3.00 pagi dan berbuka 21:45 dengan cuaca sommer yang gerah, sungguh merupakan pengalaman tersendiri buat saya. Mungkin lebih menantang untuk dijalankan.

Bagaimanapun, suatu nikmat tersendiri bisa bertemu ramadhan kembali tahun ini, meski di negeri yang jauh..

selamat ramadhan buat teman-teman semua :)

Popular posts from this blog

menulis serius

Mimpi Masa Muda

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011