memaknai research saya

Meeting dua jam saya dengan supervisor dan kolega PhD students membahas tentang progress kerjaan kami belakangan ini. Saya mendapat banyak masukan dan pertanyaan saya dijawab bergantian dengan teman-teman yang sudah lebih advanced dalam perjalanan researchnya.

Banyak yang harus saya lakukan sebelum field research, menyiapkan ini itu agar research bisa berjalan dengan baik. kadang saya berpikir, apakah research saya ini cukup penting untuk diperjuangkan hingga tetes in**s terakhir?

Pertanyaan itu tidak perlu terlalu lama menunggu jawaban. Kemarin gempa mengguncang dataran tinggi gayo. Korban jiwa dan harta kembali jatuh dan kali ini angkanya sungguh di luar prediksi.

Penelitian ini harus saya lakukan bersungguh-sungguh, agar ada sedikit kontribusi untuk membangun community resilience atau disaster resilience. Bukan sekedar di atas kertas, tapi bisa diaplikasikan.

Semoga, Allah Swt melindungi saudara dan teman-teman di Gayo.

Popular posts from this blog

menulis serius

Mimpi Masa Muda

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011