bertemu lagi dengan PCA

Saya berusaha menahan kantuk di tengah acara kolokium sore ini. Materinya tentang PCA atau Principal Component Analysis, salah satu statistik  analisis tool untuk melihat komponen2 yang penting dalam penelitian kita.

Sebenarnya waktu skripsi dulu saya sudah menggunakannya untuk melihat indikator fisika dan kimia, terutama untuk melihat kualitas air di Mangrove area. Waktu itu, PCA tiba-tiba harus ditambahkan untuk menganalisis data karena ternyata regresi belum cukup untuk bisa menjelaskan hubungan dari data-data yang telah dikumpulkan.

Saya tidak begitu ingat, dengan siapa kami belajar PCA. sepertinya dengan kakak kelasnya iwan yang lebih dahulu menggunakannya untuk analisa datanya. Rasanya amazing juga, tiba-tiba kami sudah bisa menggunakan PCA tanpa begitu mengerti pesan apa yang ingin disampaikan oleh PCA ini. Ya untuk level S1 mungkin pembimbing sudah sangat maklum dengan kemampuan analisa kami yang pas-pasan. hehehe

Bertahun kemudian, di sini, saya berjumpa lagi dengan PCA. Mencoba kembali mengingat pekerjaan kami dahulu dengan PCA dan merasa sangat "tua" karena ingatan itu semakin kabur.

Saya juga sekarang sudah pindah dari Natural ke Social science. Jalan saya ini ternyata sudah panjang dan berliku, melihat sesuatu dari banyak sudut pandang, belajar banyak hal sambil mengingat dan melupakan dengan begitu mudahnya.



Popular posts from this blog

menulis serius

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011

Mimpi Masa Muda