Tag der Erde 2013

Selamat hari bumi :)

Pagi ini saya menerima ucapan selamat hari bumi dari teman saya. Pesan khususnya, mari selamatkan hutan Aceh.

Berbeda dengan saya, beberapa tahun ini, sepertinya saya terpisahkan jauh sangat dari isu-isu lingkungan seperti hutan, terumbu karang, dan air. Padahal dulu, waktu masih kuliah, saya aktif jadi relawan lingkungan. Isu-isu itu begitu akrab dan karib. Kalau hari bumi seperti ini, biasanya saya pasti punya banyak agenda dan kegiatan.

Saat ini, isu lingkungan yang agak sering saya dengar adalah tentang climate change karena teman-teman saya sebagian besar researchnya tentang itu. Sungguh miris mendengar berbagai hasil penelitian tentang banjir, kekeringan, gelombang panas dan musim yang tak beraturan. Mau tak mau manusia harus beradaptasi dengan buminya yang semakin rentan dan penuh ketidakpastian.

Jadi, hari ini, apa yang sudah kita lakukan untuk bumi ini? kalau saya, tidak banyak yang sudah saya lakukan, meskipun saya ngakunya perduli. mungkin dengan terus belajar, berbagi dan melakukan hal-hal kecil saat ini, itulah yang bisa saya lakukan.

ah, bahkan sebuah email di hari bumi yang mengajak kita menyelamatkan hutan, telah jadi bukti kepedulian kita.

Popular posts from this blog

menulis serius

delapan jam

Interview Masuk SMP