progress report

salah satu kewajiban penerima beasiswa agar beasiswanya bisa diperpanjang tiap semester atau tahun, adalah menulis progress report dan menyerahkan recomendation letter dari supervisor.

jadi, gak ada jaminan, beasiswa diberikan sampai beres. Progress dinilai tiap semester.

Menulis progress report adalah hal yang baru buat saya, karena beasiswa saya yang dulu, memberikan beasiswa sampai akhir masa studi. Ekstension cuma diberikan untuk PhD, sedang master, dua tahun harus beres.

Pengalaman menulis progress report ini sungguh sesuatu, mengingat supervisor saya lumayan sibuk dan mobilitasnya tinggi.

Alhamdulillah, jumat kemarin saya udah submit dan satu surat rekomendasi. Tinggal satu lagi, minggu ini harus menunggu hari kamis buat ketemu dengan supervisor kedua.

salah satu hikmah menulis progress report, saya jadi bisa mencatat perjalanan saya enam bulan ini. apa yang saya kerjakan, apa yang saya hadapi dan rencana selanjutnya.

Hal besar yang sudah ada di depan mata, adalah field research saya yang enam bulan. Insya Allah september saya pulang. Berharap bisa dimajukan Juli, jadi bisa lebaran di rumah hahaha

ya, bukankah sekecil apapun progress itu harus dihargai karena ada perjuangan panjang dibaliknya..

Popular posts from this blog

menulis serius

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011

Mimpi Masa Muda