it is not fun at all

Satu lagi hadiah ulang tahun saya tahun ini, Promotionbestätigung. Akhirnya saya diterima di Fakultas Matematika dan Science untuk menjadi kandidat doktor dan bisa mendaftar di universitas sommer semester ini.

Proses menjadi kandidat doktor ini sungguh tak mudah. Mulai dari master saya yang tidak di Jerman, topik research yang belum fix, dan semua paperwork yang mesti dilengkapi. Alhamdulillah dua orang supervisor saya sangat baik hati dan rajin menolong hingga saya bisa melalui proses ini pelan-pelan.

Setelah menunggu satu bulan sejak disubmitt, akhirnya saya mendapat email untuk mengambil selembar kertas yang sangat penting itu. Maka kemarin terdamparlah saya di ruang tunggu dengan beberapa phd student yang sungguh menarik :

Dua student yang berbicara bahasa cina.
Seorang koboi dengan topi, jaket dan tas kulit.
Seorang bapak, bayi yang merangkak di lantai dan mainan warna warni.
Seorang backpacker dengan ransel besarnya dan tampang belum mandi dua hari.
Lalu saya yang tak bisa memalingkan mata dari bayi yang sibuk mengoceh  dan mencoba berkomunikasi dengannya..

"kelak, jika kamu berniat menjadi phd student, pikir-pikir lagilah. It is not fun at all, hehehe.."

Ya, meski demikian, pilihan ini, jalan ini, research ini,  dan semua perjuangan ini, I really love it..

Semoga semua berjalan dengan baik..amiin ..

Popular posts from this blog

menulis serius

Mimpi Masa Muda

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011