Perjalanan kali ini


Jalan-jalan kali ini merupakan jalan-jalan paling lama yang pernah saya lakukan dalam hidup saya. 12 hari, 6 kota, dan teman seperjalanan yang menyenangkan. Berangkat malam itu dari Bonn ditemani percakapan dengan seseorang yang jauh di sana. Berbicara tentang banyak hal dan tentang masa depan, hingga sempat berjanji untuk suatu perjalanan bersamanya mencari makna.

Namun, selama perjalanan saya menyusuri Praha, Dresden, Leipzig, Berlin, Hamburg, dan Bremen, ditambah lagi momen pergantian tahun, saya tau, saya tidak bisa menepati janji saya kepadanya. Cepat atau lambat saya harus melepaskannya, karena ternyata sebuah perjalanan membutuhkan komitmen untuk terus bersama dan menjadi lebih dekat ketika perjalanan itu berakhir.

Semua perasaan bahagia dan jawaban yang saya cari akhir-akhir ini, saya temukan dalam 12 hari bersama adek-adek saya tercinta Ai dan Midunn. Mereka mengajak saya tertawa, berbicara, berbagi, dan menangis. Semua pemikiran saya dibongkar, dengan teori Midunn tentang kesederhanaan yang selalu sangat complicated untuk diwujudkan. Hidup tidak pernah mudah, apalagi jika berkaitan dengan rasa dan hati.


Lalu ketika perjalanan itu berakhir, dan malam ini saya menuliskan semua ini dalam temaram kuning lampu kamar, saya tau, semua akan baik-baik saja. Bahkan jika saya melepaskan semua dan move on. Masih akan ada perjalanan lain yang membuat saya kembali tersenyum.   

Popular posts from this blog

menulis serius

delapan jam

Interview Masuk SMP