new beginning, tertatih ..


Malam itu saya mengirimkan email singkat kepada supervisor saya. Sudah dua hari workshop dan jadwal supervisor saya sangat padat. Sementara saya hanya punya dua hari sebelum balik ke Jakarta untuk ujian akhir bahasa. Saya harus berdiskusi tentang rencana studi saya sebelum pulang.

Akhirnya kami meeting di dalam bus karena waktu yang tak banyak. Berbicara tentang rencana studi, apa yang harus saya lakukan sebelum berangkat, beberapa masalah administrasi dan data-data yang mungkin bisa saya bawa.

Sesekali saya mencatat, supervisor saya berbicara sangat cepat dan runtut. Saya mencatat poin-poin penting dan beberapa arahan darinya. Tiba-tiba supervisor saya meminta catatan saya untuk mencatat beberapa referensi yang penting. Waaa, dalam catatan saya ada tulisan supervisor saya. Senangnya.

Maka dalam waktu yang singkat di Banda Aceh ini saya mencoba mengumpulkan beberapa data. Berbicara dengan orang-orang yang sangat baik hati, yang mau berbagi dan memberi tahu saya hal-hal yang saya tak pernah tahu. Semakin optimis dengan masa depan  karena ada banyak orang-orang muda yang memiliki kapasitas dan skill yang sangat luar biasa. Menelpon, menulis email, bertemu, dan berdiskusi. Puzzle-puzzle ini banyak sekali dan saya tak tahu dari mana untuk mengumpulkan dan menyusunnya.

Berdoa selalu semoga akan selalu diberkahi dengan bantuan-bantuan yang banyak dalam proses research saya dan terus bertemu dengan orang-orang yang murah hati dalam berbagi ilmu. Insya Allah, doakan saya ya .. 

Popular posts from this blog

menulis serius

Mimpi Masa Muda

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011