tentang kepala saya, menjelang ujian ..


Seminggu menjelang ujian, kondisi psikis saya menunjukkan tingkat kepanikan yang meningkat beratus-ratus kali lipat. Lebay. Mekanisme pertahanan diri menjelang ujian sebenarnya sudah bisa saya kenali dari gejala-gejalanya. Hanya saja menurut pengamatan saya, gejala ini berubah-ubah sesuai kondisi yang ada.

Kalau dulu waktu mau ujian level 1, tiba-tiba saya terserang sakit kepala yang parah sehingga tidak bisa belajar dan harus tidur. Waktu mau ujian level 2, karena masih ada kegiatan masak-memasak, maka saya tiba-tiba harus memasak, memikirkan menu makan untuk beberapa hari. Sibuk memperhatikan isi kulkas dan mengambil giliran orang lain untuk memasak dengan semena-mena. Lalu sekarang H-7 ujian level 3, saya dipaksa jadi pembantu. Tiba-tiba saya harus pergi ke supermarket, memilih cairan pembersih kamar mandi paling super, lalu dengan penuh semangat menggosok dan menyikat kamar mandi. Setelah itu selesai, saya membongkar lemari pakaian saya yang tak bersalah. Sesorean saya duduk melipat pakaian dan mengatur lemari itu dengan penuh kosentrasi. Setelah itu, saya mendapati diri saya berada di kamar mandi, merendam pakaian kotor yang tak terlalu kotor. Sejam berikutnya dengan kekuatan super saya sudah berbasah-basah mencuci dengan tersenyum bahagia.

Pekerjaan-pekerjaan itu, hanyalah kegiatan pengalihan yang diprogram kepala saya, agar saya tidak duduk dan belajar. Sepertinya kepala saya sudah terlalu penuh dan memilih untuk melakukan hal lain, apapunlah, asal tak membahas soal-soal ujian.

Anehnya, ketika menyikat kamar mandi dan membongkar lemari itu, saya sadar sepenuhnya dan saya tidak ingin melawan. Saya tau kepala saya hanya butuh waktu untuk mempersiapkan sedikit ruang untuk bahan-bahan ujian nanti. Saya hanya harus bersabar, membiarkannya mengulur waktu, dan mempersiapkan yang terbaik untuk saya. Hingga saat ini, kepala saya masih berbaik hati memberikan yang terbaik untuk saya.

Hanya saja, kenapa sekarang saya menulis blog? Ah, sepertinya dia masih butuh waktu. Hahaha..  

Popular posts from this blog

menulis serius

Mimpi Masa Muda

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011