tanya-tanya Banda Aceh


Teman saya baru pindah ke Banda Aceh, ada beberapa pertanyaannya yang tidak pernah saya pikirkan sebelumnya

Ada rental motor gak ya di Banda Aceh?

Waa, mestinya ada, tapi gak tau dimana. Biasanya rental mobil yang banyak. Saya menyarankan dia buat beli koran lokal, mungkin ada yang pasang iklan rental motor. Sampai sekarang dia belum nemu rental motor di Banda Aceh, hiks. Biasanya sama yang kenal gitu, yang punya motor lebih di rumah, motor nganggur, kalau dah kenal mau dipinjemin soalnya serem juga kalau motornya dilariin.

Ada kolam renang gak ya di Banda Aceh?

Ada, setau saya di hotel. Ya, tarif hotel dunk. Jaman saya sekolah dulu ada Kolam Renang Pante Pirak, depannya ada Bakso Gajah. Pulang mandi (bukan berenang) makan bakso. Sebenarnya malah niatnya bukan ke kolam renang tapi jajan bakso.  Haha. Saya juga ngasi tau biasanya di Ulee Lheue sering dipake buat latihan renang. Ulee Lheue yang bagian ada tanggulnya itu cuma tidak tau berapa meter dalamnya. Ada juga kolam Mata Ie hanya saja saya tidak tau gimana kondisi kolamnya sekarang.

Ternyata cuma celana renang dan kacamata renang yang terbawa waktu pindahan. Makanya dia nyari kolam renang. Menurut cerita tante saya, dulu mereka berenangnya di kali peunayong itu, nyebrang-nyebrang, masih ketemu buaya.

Ah, sekarang sungai itu warnanya entah apa, andai kita bisa menjaga sungai ya, tentu teman saya itu gak perlu repot-repot cari kolam renang.

Akhirnya teman saya berpikir buat ngirim sepeda dan sepatu larinya, karena Banda Aceh udah punya jogging track yang keren di Blang Padang. Komunitas sepedaannya juga lumayan banyak, masih bisa dicari informasinya.

Makan Mie Aceh dimana ya yang enak?

Semua Mie di Aceh ya Mie Aceh. Gak ada yang nulis jualan Mie Aceh. Kali kayak rumah makan di Padang, pasti jualan masakan Padanglah.

Langsung saya jawab, Mie Razali di Panglima Polem. Mau mie kepiting, mie daging, dan mie udang, mie telur, semua ada. Mau di goreng, di goreng basah (gorbas), atau malah di rebus. Mau pake indomie atau mie kuning? Lengkap kap. Saya rekomnya mie kepiting. Lalu katanya repotlah kalau kepiting makannya, uh, jangan salah, dikasi alat makan kepiting yang seperti tang itu. No worries mate.

Mie Midi boleh juga, mie midi ada di beberapa warung kopi, tapi mie midi tu kedainya yang pertama di Peuniti.

Lupa saya informasikan dia harus nyoba Mie Lala di Lamdingin. Biasanya saya bertiga nongkrong sama orang rumah. Pesannya dua piring, porsinya banyak. Hemat tapi kenyang.

Sebenarnya banyak kali yang jualan mie di Banda Aceh. Biasanya di setiap warkop pasti ada yang jualan mie. Cuma saya rekomnya yang udah terkenal aja yang kata banyak orang enak.

Saya masih menunggu nachste fragen dari dia. Semoga masih bisa saya jawab, hahaha

Popular posts from this blog

menulis serius

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011

Mimpi Masa Muda