Nonton Festival Tari

Semalam saya nonton pembukaan festival tari Rampoe di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh. Sejak siang saya sudah memasukkan agenda ini dalam acara weekend saya dengan nenek. Selesai Ashar kami singgah sebentar ke sana buat ngecek jadwal acara. Suasana taman itu sungguh masih sunyi sepi sendiri.

Kami melanjutkan acara jalan-jalan kami trus makan malam dengan Kak Cut, mantan roommatenya nenek di Sabang di kedai burger Lampineung. Pas mau belok ke arah lamprit tiba-tiba banyak sekali honda panik berbalik arah, menurut dugaan kami ada razia polisi di depan. Nenek langsung berbalik arah juga berhubung SIM mati dan STNK honda pinjaman ini mang gak jelas. Waktu udah sampai di depan taman ternyata oh ternyata, cuma ada satu mobil polisi dengan lampu kerlap kerlip mojok buat jagain orang-orang yang mau nonton festival. Mungkin pengendara yang gak pake helm agak sungkan lewat di depan polisi.

Parkiran udah penuh dengan honda-hondi. Kami berjalan masuk ke area taman. Sempat-sempatnya si Bapak yang jagain pagar nyeletuk

“Berdua aja nih..”

So what gitu loh, esmosi jiwa ini berlalu ketika ternyata acara sambut menyambut sudah selesai. Acara utama dimulai tepat ketika saya dan nenek duduk ngampar di depan panggung. Orang-orang pada nyerbu ke depan panggung ketika kolaborasi tari saman, rapa’i dan seudati dimulai. Pak polisi terpaksa turun tangan nyuruh-nyuruh duduk.

Saya suka sekali tari seudati, kata nenek, cowok jadi kelihatan keren kalau lagi nari. Biasa syndrom malam minggu. Lalu kami hening menikmati tarian dan syair yang ditingkahi tabuhan rapai dan tiupan seurunee kali. Apalagi waktu acara adu rencong di tarian Prang Sabil, saya sampai nganga, haduh penari sanggar Cut Nyak Dhien sunguh-sungguh mempesona. Harusnya pembawa acaranya mengggarisbawahi dan menekankan dengan sangat bahwa tarian ini dilakukan oleh penari profesional dan please anybody don’t try this at home. Saya kepikiran juga gimana kalau anak-anak yang pada nonton mencobanya di rumah dengan teman-temannya. Benar-benar pertunjukan yang butuh bimbingan orang tua.

Pementasan tari diselingi pertunjukan Band dengan lagu Nanggroe dan Kuthidieng. Seru juga lihat gaya pemain bass apa melodi ya yang bergoyang di sudut panggung, keren bangeeeet. Halah serasa jadi abege lagi nonton acara pensi. Pemandangan ini mengingatkan saya pada gitar yang teronggok di sudut kamar. Harus belajar maen gitar lagi ni..

Pulangnya nenek minta difotoin di depan banner Festival. Saya agak malu, saingan nenek buat foto anak-anak semua. Lalu pas dicoba ternyata fotonya buram, so nenek gak jadi fotoan. Horeee..

Saya menikmati sekali acara nonton festival tari semalam. Alhamdulillah ya, sekarang sudah mulai banyak acara seni di Banda Aceh (MC-nya sepanjang acara ketularan Syahrini..) Duduk dan menikmati event seperti ini bisa terwujud karena suasana Aceh yang kini damai. Semoga damai ini selalu milik kami...

Popular posts from this blog

menulis serius

Mimpi Masa Muda

Interview Masuk SMP