A new world : It's about Design Graphic

Salah satu koleksi si ndut yang sedang aku jelajahi adalah majalah-majalah design graphic-nya, seumpama concept dan versus magz. Sepertinya si ndut sayang sangat ma koleksinya ini, semua disampul rapi, hampir setiap bulan dia beli kayaknya, setiap edisi ada.

Awalnya aku Cuma baca sebagai dongeng pengantar tidur. Desain grafis sama sekali bukan duniaku. Pernah belajar corel, photoshop, dan fotografi, namun mentoknya di teknik, tak punya sense dan seni. Mungkin lebih karena tak punya minat dan kemauan untuk terjun dan mendalami.

Tak kenal maka tak sayang, dari sekedar membolak-balik dan melihat gambar-gambarnya yang colourful lalu sekarang membaca semua artikelnya dengan sungguh-sungguh. Menarik sekali dunia desain grafis ini. Aku tertarik dengan branding, desain yang simpel, tipografi dan berkomunikasi dengan gambar.

Hasil diskusi dengan ndut, desain grafis selalu mengusung satu maksud dan tujuan yang harus dicapai. Kalau buat branding, sasarannya supaya perusahaan dikenal, produknya dibeli, dan merasa sangat keren memakainya. Kemasan sungguh sangat berpengaruh, menaikkan harga jual. Paling penting konsep desain harus kuat dan jelas.

Meski tak pandai mendesain, sepertinya pengetahuan tentang desain grafis sangat penting. Perkembangan desain grafis yang begitu pesat membuat kita sebagai konsumen dan produsen harus lebih pintar untuk memanfaatkan atau untuk tidak dimanfaatkan oleh bahasa-bahasa gambar.

Membaca akan membuka cakrawala, tapi kadang kita gak mau membaca apa yang bukan bidang kita atau sesuatu yang tidak familiar dengan kita. Kebetulan-kebetulan kecil dan keisengan kadang membuat kita harus mengambil risiko menjelajah negeri yang asing.

Popular posts from this blog

menulis serius

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011

Mimpi Masa Muda