Survei ke Pulau-Pulau terluar

Apa yang paling menyenangkan ketika kita tinggal di sebuah pulau kecil yang sunyi sepi sendiri?

salah satunya, dikunjungi teman. Horee..

Kamis kemarin, aku dikunjungi teman kuliahku. Namanya Seno, dia dan tim-nya (mereka datang bertiga) mau survei sumber daya laut di pulau-pulau terluar di Aceh. Pulau Rondo, Benggala, Rusa, dan Raya. Kalau Pulau Rondo memang kelihatan dari Sabang. Kalau Benggala, Rusa, dan Raya terus terang aku belum pernah dengar.

Jadilah kami reunian kecil-kecilan di Sabang
Aku dan Seno satu angkatan
Robi kakak kelas
Eponk adek kelas

Bukankah sangat-sangat amazing, 3 angkatan bisa ketemuan di Pulau yang tak seberapa ini?

Pagi Jumat kami mulai jalan ke Kantor Navigasi
Lanjut ke Pangkalan Angkatan Laut Sabang
trus ke Dinas Perikanan dan Kelautan
dan ke Bappeda (Kantorku tercintaaaah)

Kalau Seno gak datang,

mungkin aku gak akan ke kantor navigasi
mendengarkan informasi-informasi penting tentang pulau-pulau itu
cerita haru biru para penjaga pulau
dan sulitnya berlabuh di Pulau Benggala

Aku gak akan mengunjungi kantor Lanal yang di seberang rumahku
meski tiap pagi terdengar lagu-lagu nasional yang diputar di LANAL sampai ke rumah
dan tidak tau betapa mereka sangat bersungguh-sungguh menjaga pulau-pulau itu

Lalu tidak akan melihat kapal-kapal milik Dinas Kelautan dan Perikanan
yang bersandar ditiup-tiup angin di Pasiran

Ya, begitu banyak yang aku pelajari
dari hanya menemani Seno keliling-keliling buat permisi mau survei di empat pulau itu

dan tadi dia pamit
tapi bakal balik akhir bulan untuk survei lagi

terima kasih sudah mengunjungi kami di sini
dan Seno bertanya " Lu gimana sar ?"
"Gw baik-baik aja, No.."

Ya, di sini semua baik-baik saja
semoga akan selalu ada teman-teman yang mengunjungi kami lagi :)

Popular posts from this blog

menulis serius

Mimpi Masa Muda

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011