catatan tentang survey

Cuaca pulau ini sangat bervariasi mulai dari senin sampai kamis. dari hujan sampai terik, maka semakin terasalah badan tak enak dan mood yang turun naik tidak jelas.
tiga hari kemarin aku dan timku monitoring data pendidikan ke sekolah dasar yang ada di pulau ini. bertemu dengan ibu-ibu kepala sekolah, mengobrol, mendiskusikan kemajuan belajar murid-murid, masalah-masalah yang dihadapi sekolah, dan menjadi semakin "aware" dengan hal-hal kecil yang berkaitan dengan masalah pendidikan dasar.

intinya, survey ini memberikan gambaran yang semakin jelas betapa pengorbanan guru sekolah dasar itu sangat besar. Orang tua murid yang memiliki kepedulian yang kurang dan dilema guru untuk meninggalkan kelas murid-murid yang tidak mampu.

lemahnya, kami tidak bisa berjanji apapun, tidak bisa memberikan apapun, hanya mengumpulkan data.. dan salah satu ibu kepala sekolah jelas-jelas menyindir betapa dia bosan selalu didatangi untuk pengumpulan data tanpa satupun feedback yang jelas.

that's life, dan bagaimanapun data penting dan mahal, meski tak pernah jelas akan jadi apa.. apakah hanya jadi angka-angka dalam kertas, atau menjadi suatu dasar untuk melakukan suatu perubahan..

Popular posts from this blog

menulis serius

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011

Mimpi Masa Muda