tentang sharing dan belajar bersama

Forum PhD sharing adalah acara diskusi saya dan teman-teman PhD dari Aceh yang sedang belajar di Jerman. Forum ini diadakan via skype, dan merupakan salah satu program kerja divisi keilmuan ikatan mahasiswa aceh di jerman.

Rencananya forum ini diadakan sebulan sekali, tapi karena mau ramadhan, setiap minggu kami ngumpul. Semalam adalah yang kedua kalinya.
Teman saya Heru, mempresentasikan tentang perbandingan antara rumah sakit di Jerman dan di Indonesia, dalam perspektif akutansi.

Peserta sharing ini tidak banyak, ada sepuluh mahasiswa aceh yang sedang phd di penjuru jerman. Mereka berlatar belakang social, natural science, dan medical science.

Karena topiknya tentang sosial, beberapa teman yang backgroundnya ilmu pasti, agak roaming dengan gaya berpikir sosial yang melompat-lompat. termasuk saya sebenarnya, masih agak sulit mengerti tentang teori dan argumen. maka kami mengadakan diskusi kecil-kecilan, diskusi dalam diskusi, tentang masalah roaming ini. hehehe

Diskusi kami berjalan seru, meski ada beberapa kendala teknis, misalnya jaringan internet dan proses menginvite teman-teman ke dalam group call skype.

hingga acara berakhir, semua peserta tetap semangat berbagi dan berdiskusi. Buat saya, forum ini sungguh bermanfaat karena menambah wawasan dan tidak ada kendala bahasa untuk mengerti.

Untunglah saya sempat tidur sejam sebelum sharing dimulai, maka saya bisa sedikit konsen hingga pukul 00:30 acara selesai.

Meski hanya tempat bertemu dan berdiskusi, semoga forum ini bermanfaat buat teman-teman saya. Bagaimanapun, teman seperjalanan selalu dibutuhkan, agar merasa tak seorang diri melalui proses phd yang sesuatu ini..

Popular posts from this blog

menulis serius

Cut Abang dan Cut Adek Sabang 2011

Mimpi Masa Muda